Lakukan Ini Saat Memilih Wallpaper untuk Kamar Tidur

Lakukan Ini Saat Memilih Wallpaper untuk Kamar Tidur

Bosan dengan tampilan kamar tidur Anda yang hanya dikelilingi dinding polos tanpa aksen gambar maupun warna? Nah, kenapa tak memasang wallpaper saja. Saat ini wallpaper menjadi solusi praktis yang banyak di pilih, dibanding cat. Karena tentunya dengan walpaper tampilan yang dihasilkan lebih beragam dan banyak variasi yang bisa dipilih.

Tertarik ingin memakai walpaper? Sebaiknya simak dulu tips memilih wallpaper untuk kamar tidur berikut ini. Silahkan disimak.

7 Tips Memilih Wallpaper untuk Kamar Tidur

1. Sesuaikan dengan Tema Kamar Tidur

Sebelum memutuskan untuk membeli wallpaper dengan motif tertentu, sebaiknya tentukan dulu tema apa yang akan dipilih untuk kamar tidur Anda. Jika Anda sudah menentukan tema kamar tidur yang pas, sesuaikan wallpaper yang akan dibeli dengan tema tersebut.

Contonya, jika Anda megusung tema shabby chic di dalam kamar tidur, Anda dapat memilih wallpaper dengan warna-warna pastel yang lembut yang mengusung motif floral.

Atau, jika Anda mengusung tema retro di dalam kamar, Anda dapat memilih wallpaper dengan warna agak terang dengan motif-motif khas retro. Dengan begitu, kamar tidur Anda akan terlihat menarik dan mencerminkan kepribadian Anda.

2. Wallpaper Berwarna Gelap untuk Ruangan Luas

Anda memiliki kamar tidur yang cukup luas? Untuk membuat kamar tidur dengan dinding yang lebar terasa semakin nyaman, pilihlah wallpaper dengan warna-warna gelap seperti biru tua, hijau tua, coklat, atau yang lain. Warna-warna tua tersebut akan membuat suasana kamar lebih hangat dan tidak kosong.

3. Wallpaper Berwarna Terang untuk Ruangan Sempit

Tak perlu berkecil hati jika ruang kamar tidur Anda tidak berukuran luas. Situasi ini bisa disiasati dengan menggunakan wallpaper berwarna terang. Warna yang paling ideal untuk ruangan sempit adalah warna putih.

Warna putih menjadikan suatu ruangan akan terlihat lebih luas dari ukuran aslinya. Pilihlah motif berukuran kecil-kecil agar ruangan Anda tidak terasa semakin sempit.

4. Sesuaikan dengan Warna Dominan

Salah satu tips memilih wallpaper untuk kamar tidur yang muda adalah dengan menyesuaikan warna wallpaper dengan warna dominan di dalam kamar. Misalnya, jika kamar tidur Anda menggunakan furniture dengan warna-warna tertentu yang terlihat dominan, alangkah baiknya jika Anda memilih wallpaper dengan warna yang senada.

5. Area Pemasangan Wallpaper

Tips lain untuk menjadikan kamar tidur terlihat semakin menarik adalah dengan memperhatikan area pemasangan wallpaper. Jika sebagian besar orang memasang wallpaper di dinding secara keseluruhan, Anda bisa mengaplikasikan ide lainnya.

Yaitu, dengan menempelkan wallpaper pada bagian dinding tertentu seperti sisi belakang tempat tidur. Kemudian kombinasikan wallpaper tersebut dengan cat yang serasi di bagian dinding lainnya.

6. Sesuaikan Luas Kamar dengan Ukuran Wallpaper

Ukuran wallpaper juga wajib dipertimbangkan saat hendak membelinya karena terdapat beberapa ukuran yang berbeda. Pastikan Anda sudah mengukur luas kamar terlebih dahulu.

Selanjutnya, sesuaikan luas kamar dengan ukuran wallpaper yang paling pas. Dengan begitu, wallpaper yang Anda beli tidak akan kurang atau justru tersisa dalam jumlah banyak. Tips yang satu ini juga bisa dijadikan sebagai pertimbangan pengeluaran budget, lho.

7. Hindari Memberi Wallpaper Secara Online

Untuk memastikan warna, motif, ukuran, serta kualitas wallpaper, usahakan agar Anda membelinya secara langsung, tidak secara online. Membeli secara online lebih beresiko mengecewakan.

Nah, itu dia tips memilih wallpaper untuk kamar tidur agar ruang privasi Anda semakin nyaman dan tampak menarik. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.